Satlantas Cek Kelaikan Bus AKDP

Jumat, 30 Juni 2017 – 21:14 WIB

Satlantas Cek Kelaikan Bus AKDP

Satlantas bekerja sama Dinas Perhubungan mengecek kelaikan bus antarkota dalam rangka mengantisipasi kecelakaan lalu lintas (Lakalantas) saat arus balik mudik lebaran 2017. ILUSTRASI. Foto: Radar Madiun/JPNN.com


jpnn.com, KUPANG - Aparat Satlantas Polres Kupang Kota bekerja sama dengan Dinas Perhubungan Kota Kupang melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke terminal bus Angkutan Kota Dalam Provinsi (AKDP) di Jalan Frans Seda, Kelurahan Kayu Putih, Kecamatan Oebobo, Kota Kupang, Kamis Kamis (29/6) kemarin. Sidak yang dilakukan itu untuk memastikan kondisi kelaikan semua bus AKDP yang melayani trayek luar kota dengan tujuan SoE (Kabupaten TTS), Kefamenanu (Kabupaten TTU), Atambua (Kabupaten Belu) dan Betun (Kabupaten Malaka).

Dalam sidak kemarin, aparat Satlantas Polres Kupang Kota memeriksa setiap perlengkapan dokumen dan asesoris bus AKDP. Kegiatan itu juga untuk menjamin keamanan para penumpang selama arus balik di daratan pulau Timor.

Kasat Lantas Polres Kupang Kota, Iptu Rocky Junasmi SIK kepada Timor Express (Jawa Pos Group) mengatakan, pihaknya bersama dengan Dinas Perhubungan Kota Kupang melakukan pemeriksaan terhadap kondisi kelaikan bus di terminal bus AKDP untuk memastikan setiap bus yang dioperasikan dalam kondisi layak jalan.

"Kita lakukan sidak ini untuk memastikan kelayakan semua armada bus AKDP dalam kondisi layak jalan. Apalagi, saat ini bertepatan dengan arus balik," ujar Rocky.

Dia menambahkan, Satlantas Polres Kupang Kota dan Dinas Perhubungan Kota Kupang ingin memastikan kondisi bus AKDP yang beroperasi harus dalam kondisi laik jalan.

"Kita juga periksa kelengkapan yang dimiliki oleh masing-masung bus AKDP. Ini untuk mengantisipasi terjadinya lakalantas di jalan raya. Para sopir dan kondektur juga kita imbau untuk tertib berlalu lintas ketika berada di jalan raya," jelas mantan Kasat Lantas Polres Manggarai ini.

Setiap kelengkapan bus harus diperhatikan sehingga ketika segala kemungkinan bisa diantisipasi dengan baik.

"Semua yang kita lakukan ini bertujuan agar seluruh penumpang dapat selamat sampai tempat tujuan. Sebab salah satu penyebab kecelakaan lalu lintas adalah karena kendaraan tidak laik jalan namun dipaksakan untuk tetap beroperasi," sebut Kasat Lantas Polres Kupang ini.

Dirinya juga menyatakan sidak tersebut akan berlanjut karena sifat dari kegiatan kemarin yakni menjamin keselamatan penumpang serta awak bus AKDP di perjalanan.(gat)


Berita Terkait: