Ruas Tol Brebes Timur-Pemalang Siap Untuk Mudik 2018

Minggu, 27 Mei 2018 – 05:05 WIB

Ruas Tol Brebes Timur-Pemalang Siap Untuk Mudik 2018

Petunjuk Tol Pemalang-Brebes yang sudah terpasang. Foto: Sulung Pamanggih/Radar Pemalang


jpnn.com, BREBES - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memastikan Jalan Tol seksi 3 dan 4  Pejagan-Pemalang sepanjang 37,3 km dari Brebes Timur hingga Pemalang dalam kondisi siap digunakan.

Nantinya tol masih tetap akan fungsional tanpa tarif pada mudik Lebaran 2018.

Dengan dibukanya ruas tol Brebes Timur- Pemalang, maka pemudik yang akan ke arah Semarang pada tahun 2018 tidak lagi keluar di Pintu Tol Brebes Timur, namun bisa meneruskan ke ruas tol Pemalang-Batang hingga Semarang sepanjang 114,2 km yang juga akan dibuka fungsional.

"Ruas tol dari Brebes ke Pemalang, InsyaAllah sudah bisa kita tembus dengan kondisi mantap," kata Menteri Basuki saat meninjau ruas tol Pejagan-Pemalang, Sabtu (26/5) pagi.

Terkait jadwal pembukaan jalur tol tersebut, Basuki mengatakan akan berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan selaku koordinator pelaksanaan mudik Lebaran.

"Kementerian PUPR bertugas memastikan sarana prasarananya bisa digunakan paling lambat pada H-10 Lebaran,  sekitar 9 Juni 2018 saat dimulainya liburan," ujarnya.

Berdasarkan pantauan di lapangan, kondisi jalan di sepanjang ruas  Brebes Timur hingga Pemalang sudah dalam kondisi mantap dengan jenis perkerasan jalan yang menggunakan beton.

Ruas tol tersebut saat ini tengah menjalani uji laik fungsi dan operasi oleh Kementerian PUPR, Kementerian Perhubungan dan Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri.

Jalan Tol Pejagan-Pemalang sepanjang 57,5 Km, pengusahaannya oleh PT. Pejagan Pemalang Toll Road, dengan nilai investasi Rp 7,26 Triliun. Untuk seksi 1 dan 2 sebelumnya telah dioperasikan hingga Brebes Timur.

Untuk memfasilitasi transaksi pembayaran tol bagi pemudik dari Tol Cikampek melewati ruas Brebes Timur dan melanjutkan ke Semarang, telah dibangun gardu tol sementara di daerah Sewaka, di sekitar KM 294 Tol Pejagan-Pemalang.

"Kalau dari Cikampek ke Semarang tidak akan keluar di Brebes akan bayarnya di Sewaka ini dan setelah itu gratis dari Brebes Timur hingga Semarang untuk mudik Lebaran," tandas dia.(chi/jpnn)


Berita Terkait: