Penuh Serat dan Gizi, Ini 8 Manfaat Sarapan Oatmeal Bagi Kesehatan

Senin, 11 Februari 2019 – 08:59 WIB

Penuh Serat dan Gizi, Ini 8 Manfaat Sarapan Oatmeal Bagi Kesehatan

Oatmeal. Foto: Medical News Today


jpnn.com - Sarapan jadi bagian penting dalam siklus makan sehari-hari. Untuk itu, ahli gizi dan dokter selalu menyarakan untuk memperhatikan asupan gizi saat sarapan.

Dilansir dari Kincet, oatmeal merupakan menu sarapan sehat yang direkomendasikan. Berikut ada delapan manfaat yang didapat dari sarapan oatmeal bagi kesehatan tubuh.

1. Memperbaiki Kulit

Oatmeal sangat ideal untuk pengobatan kondisi peradangan, seperti eksim atau iritasi dan juga membuat kulit lebih sehat. Sebab, oatmeal berasal dari berbagai macam vitamin dan kandungan yang baik bagi tubuh, seperti seng dan zat besi. Seng membantu membersihkan kulit dan menghilangkan racun dan senyawa berbahaya lainnya. Ini juga secara efektif mempersempit pori-pori dan memiliki efek peremajaan.

Zat besi adalah salah satu elemen terpenting untuk nutrisi dan kelembaban dalam sel-sel kulit. Mangan menghilangkan pembengkakan, peradangan, dan juga mempercepat penyembuhan kulit setelah luka, memar, luka bakar, dan cedera mikro lainnya. Magnesium menormalkan sirkulasi darah dan memberikan pembaruan sel-sel kulit.

2. Otot Menerima Lebih Banyak Protein

Satu porsi atau sekitar 8 sendok makan oatmeal, memberi tubuh Anda 15 persen dari jumlah protein harian yang disarankan. Selain itu, ada juga vitamin E, antioksidan, dan glutamin, yang membantu regenerasi otot lebih cepat.

3. Tingkat Antioksidan yang Tinggi

Oat kaya akan antioksidan, salah satunya adalah Avenanthramides yang membantu mengatasi rasa gatal, peradangan, dan tekanan darah. Mereka mengandung beta-glukan yang menurunkan gula darah.

4. Mendapatkan Penuh Energi

Oatmeal kaya akan karbohidrat dan menyediakan lebih banyak energi untuk tubuh. Dianjurkan untuk mengonsumsi oat yang sedikit kering karena Anda akan merasa kenyang untuk waktu yang lebih lama, sehingga menghindari keinginan akan makanan lain.

5. Menurunkan Berat Badan

Konsumsi oatmeal setiap hari membantu meningkatkan metabolisme, mempercepat penurunan berat badan. Sarapan oatmeal dalam periode waktu yang lama memungkinkan Anda untuk menahan diri dari asupan kalori berlebih.

Karbohidrat lambat yang terkandung di dalamnya, memungkinkan kita untuk mengatur nafsu makan dan mempertahankan kadar gula darah normal. Nutrisi di dalamnya tidak hanya mempercepat metabolisme, tetapi juga mencegah penumpukan lemak dan racun dalam tubuh, dan mencegah makan berlebihan.

6. Kolesterol Menurun

Oat mengandung serat yang disebut beta-glukan, yang membantu mengurangi kolesterol dalam tubuh. Karena asam linoleat dan serat larut yang terkandung dalam oatmeal, menurunkan kadar trigliserida dan kolesterol jahat dalam darah. Nutrisi ini membersihkan sisa-sisa lemak dari dinding arteri dan melindungi tubuh dari perkembangan penyakit serius seperti aterosklerosis, serangan jantung, dan stroke.

7. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Oat kaya akan lemak sehat yang baik dan mendukung sel-sel jantung dan sistem peredaran darah. Berkat antioksidan yang terkandung dalam oatmeal, kemungkinan kerusakan dinding pembuluh darah oleh radikal bebas akan berkurang.

8. Terhindari dari Masalah Pencernaan

Para ahli merekomendasikan makan serat setiap hari 25 hingga 35 gram karena ideal untuk pencernaan yang baik. Namun, hanya sebagian kecil gandum mengandung 1/5 dari asupan serat harian yang direkomendasikan. (jpc/jpnn)


Berita Terkait: