Pascaramadan, Bijak Pilih Makanan untuk Kesehatan Pencernaan

Jumat, 15 Juni 2018 – 08:00 WIB

Pascaramadan, Bijak Pilih Makanan untuk Kesehatan Pencernaan

Selai kacang. Foto: Foodista


jpnn.com - Sistem pencernaan yang sehat dan terjaga dengan baik akan berpengaruh pada kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Sistem pencernaan sangat penting bagi tubuh kita karena lewat sistem pencernaan itulah makanan yang kita makan diubah menjadi energi.

Hal yang paling sering menjadi penyebab gangguan pada sistem pencernaan adalah karena pola makan kita yang tidak sehat juga makanan yang kita konsumsi juga tak sehat. Apalagi kebiasaan buruk setelah Ramadan dengan melampiaskan nafsu terhadap makanan.

Berikut ini beberapa makanan yang baik untuk kesehatan sistem pencernaan, seperti dilansir laman Furthermore.Equinox.

1. Cuka sari apel

Minuman asam bisa menenangkan bahkan sistem GI yang tidak tertahankan. Cuka sari apel memiliki dampak positif pada kesehatan usus karena itu anti-mikroba. Cuka sari apel membantu memecah bakteri jahat dan memberi makan yang baik.

2. Selai kacang

Makanan yang menawarkan lemak dan protein sehat, seperti selai kacang ini, akan digunakan oleh tubuh untuk memperbaiki otot dan memperlambat pencernaan dan menghilangkan kelaparan tengah malam yang bisa mengganggu tidur Anda.

3. Kefir

Jika Anda biasanya meraih yogurt, konsumsilah minuman fermentasi dari olahan biji kefir. Kefir lebih rendah dalam laktosa yang membuatnya lebih mudah dicerna. (fny/jpnn)


Berita Terkait: