Ini Rahasia Menghasilkan Foto Kuliner yang Ciamik

Minggu, 25 November 2018 – 15:39 WIB

Ini Rahasia Menghasilkan Foto Kuliner yang Ciamik

Ilustrasi foto kuliner dengan teknik flat lay. FOTO : Pixabay


jpnn.com, SURABAYA - Suka mengunggah foto makanan di sosial media? Ada baiknya menggunakan teknik flat lay. Objek yang dibidik akan diambil dari angle atas. Food blogger Vicky Yuwono berbagi tip dan triknya tentang cara membidik makanan agar terlihat cantik dengan teknik flat lay di Mythical Beast Pakuwon Mall kemarin. Dia menjelaskan bahwa komposisi dalam menata makanan di atas permukaan yang flat menjadi kunci utamanya.

Permukaan dalam foto teknik tersebut disarankan berlatar simpel. Sebab, fokus foto flat lay adalah objek fotonya. "Tapi, kita nanti bisa tambahkan layer-layer seperti serbet untuk memberi warna, bukan sebagai alas ya," jelasnya sambil menata serbet kotak-kotak yang dipegangnya.

Dalam sharing siang itu, dia mencontohkan memfoto tiga objek kue dengan tambahan layer serbet dan telenan. Pria lulusan Teknik Industri Universitas Petra tersebut membuat tiga kue yang bentuknya sama itu menjadi tiga variasi. Ada yang ditidurkan, ada yang diberdirikan, ada juga yang disandingan dengan dua kue. "Oh iya, ingat ya objek yang utama kita taruh di tengah. Yang lain hanya pemanis," paparnya.

Tip selanjutnya adalah menata semua kue tersebut searah. Tujuannya, foto yang dihasilkan terlihat lebih rapi serta fokus pada objek lebih menonjol. "Kita juga bisa tambahkan pemanis seperti rerumputan. Tapi, tetap jangan sampai hiasan itu menghilangkan fokus pada objek yang ingin ditonjolkan," tambahnya.

Selain komposisi, pencayahaan menjadi poin penting selanjutnya. Vicky menjelaskan bahwa foto makanan dengan teknik flat lay lebih bagus dengan cahaya terang yang alami. Namun, tidak semua makanan cocok difoto dengan teknik itu. "Kalau mau pakai teknik ini, usahakan makanan punya tekstur jika difoto dari atas. Misalnya, pastry-pastry itu yang paling gampang difoto flat lay," imbuhnya. (ama/c25/ano) 


Berita Terkait: