DPR Apresiasi Kinerja Kemenhub Persiapkan Arus Mudik 2017

Sabtu, 01 Juli 2017 – 23:53 WIB

DPR Apresiasi Kinerja Kemenhub Persiapkan Arus Mudik 2017

Ilustrasi. Arus mudik terpantau lenggang. Foto dok Jawa Pos/jpnn.com


jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua Komisi V DPR Muhidin M Said menyatakan, arus mudik Lebaran 2017 dapat berjalan lancar tidak lepas dari kerja keras Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Kementerian yang dipimpin Budi Karya Sumadi tersebut mempersiapkan penyelenggaraan mudik dengan terus melakukan koordinasi.

"Mudik dan arus balik tahun ini seperti disampaikan masyarakat, jauh lebih bagus. Koordinasi yang sudah berjalan ini perlu ditingkatkan lagi ke depan. Selaku pimpinan Komisi V, saya mengapresiasi setinggi-tingginya kinerja Menteri Perhubungan," ujar Muhidin di Jakarta, Sabtu (1/7).

Muhidin juga mengapresiasi kinerja Korps Lalu Lintas Polri serta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Korlantas, menurutnya, mengerahkan personel di seluruh daerah untuk mengamankan jalannya mudik di tiap daerah. Salah satunya dengan melakukan rekayasa lalu lintas jika kondisi jalan padat pengendara. Sementara Kemenpupera terus membangun ruas jalan.

"Kami bersama Kemenhub, Korlantas, Kementerian PU, Kementerian Kesehatan, Basarnas dan Pertamina bersama-sama mengawal langsung persiapannya di lapangan," ucap Muhidin.

Menurut Ketua Tim Kunjungan Mudik Lebaran 2017 DPR ini, penanganan mudik jauh lebih baik karena pemerintah belajar banyak dari kejadian tahun-tahun sebelumnya.

"Saya rasa dua kali di DPR baru kali ini berjalan lancar. Waktu meninjau langsung bersama pemerintah di Surabaya, kami ketemu langsung dengan penumpang kereta api, kapal, pengendara mobil, rata-rata menyatakan puas dan senang," katanya.

"Semua berjalan sesuai skenario, jajaran Polri juga menyiapkan beberapa alternatif apabila terjadi kepadatan pengendara. Jadi ada upaya antisipatif guna mengurai kepadatan pengendara," pungkas Muhidin.(gir/jpnn)


Berita Terkait: