Asyik, Sentra Gajah Mada Dibuka Besok

Selasa, 08 Januari 2019 – 13:25 WIB

Asyik, Sentra Gajah Mada Dibuka Besok

Sentra kuliner Gajah Mada di Sidoarjo besok resmi dibuka. FOTO : Jawa Pos


jpnn.com, SIDOARJO - 85 Pedagang siap menggelar lapak di sentra kuliner Gajah Mada yang rencananya diresmikan besok (9/1). Kepala Satpol PP Sidoarjo Widiyantoro Basuki menyatakan, seluruh sarana dan prasarana sudah lengkap. Misalnya, rombong, tempat duduk, listrik, dan air. "Pedagang tinggal menempati," paparnya saat ditemui kemarin (7/1). "Kesemua pedagang tersebut semula berjualan di Jalan Gajah Mada dan Sisingamangaraja," lanjutnya.

Salah seorang pedagang, Ali Sabana, tampak menyiapkan stan yang ditempatinya. Pedagang kuliner itu mengatur lokasi rombong. Dia bersama rekannya juga mencoba sambungan listrik dan air. "Mulai tanggal 9 kami buka di sini," jelas pria yang juga ketua paguyuban pedagang sentra kuliner Gajah Mada itu. 

Untuk meramaikan tempat tersebut, tersedia fasilitas wifi hingga panggung musik. Untuk keamanan, sarana itu juga dilengkapi CCTV. Kabag Administrasi Pembangunan (AP) Pemkab Sidoarjo Benny Airlangga mengatakan, pembangunan sentra kuliner merupakan cara pemkab menata PKL. Menurut dia, pesatnya perkembangan kota berdampak pada peningkatan PKL. Jika tidak ditata, itu membuat kota semakin terlihat kumuh. 

"Kami juga menata pedagang nonkuliner di Gajah Mada. Seperti pedagang pakaian dan aksesori," ucapnya. "Kami tempatkan di lantai dasar Plaza Sidoarjo," lanjutnya.

Pria yang juga menjabat Plt asisten II itu menuturkan, dua sentra pedagang tersebut bakal memberikan pendapatan ke pemkab. Sebab, pemkab merancang keduanya menjadi tempat wisata baru. (aph/c10/ai) 


Berita Terkait: