Angkutan Lebaran Berjalan Lancar di Seluruh Bandara AP II

Senin, 25 Juni 2018 – 04:19 WIB

Angkutan Lebaran Berjalan Lancar di Seluruh Bandara AP II

Ilustrasi. Penumpang di bandara sedang menunggu pesawat tiba. Foto Yessy Artada/jpnn.com


jpnn.com, JAKARTA - Penyelenggaraan operasional dan pelayanan arus mudik pada periode Angkutan Lebaran 2018 di 15 bandara yang dikelola oleh PT Angkasa Pura II berjalan dengan sukses dan lancar.

Hal ini terlihat dari pergerakan penumpang pada H-8 sampai H+8 (7 Juni - 24 Juni 2018) di 15 bandara AP II tercatat mencapai 6,1 Juta penumpang atau naik 5,2 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Untuk pergerakan pesawat pada angkutan lebaran tahun ini terealisasi sebesar 43 ribu pergerakan atau naik 3,3 persen dibanding dengan tahun lalu dan untuk extra flight terealisasi sebesar 1.300 penerbangan.

Dengan begitu jumlah penumpang pada arus mudik H-8 sampai H1 (7 Juni - 15 Juni 2018) sebanyak 3 Juta penumpang dan pada arus balik H2 hingga H+8 (16 Juni - 24 Juni 2018) sebanyak 3,1 Juta penumpang.

Khusus pergerakan penumpang di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, jumlah pergerakan penumpang pada H-8 sampai H+8 adalah sebanyak 3,58 juta penumpang, di mana pada arus mudik tercatat mencapai 1,8 juta penumpang dan pada periode arus balik sebanyak 1,78 juta penumpang.

“Dalam periode Angkutan Lebaran baik dari sisi arus mudik dan arus balik AP II telah melayani lebih dari 6 juta penumpang dimana hal tersebut meningkat cukup signifikan dari tahun 2017 yang hanya 5,5 juta penumpang,” ujar President Director PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin.

Lancar dan suksesnya penyelenggaraan Angkutan Lebaran 2018 ini sambung Awal, tidak terlepas dari tiga faktor kunci yaitu Pertama, solidnya kerja sama seluruh stakeholder bandara dari maskapai, AirNav, Otoritas Bandara, Bea Cukai, Imigrasi, Balai Karantina dan juga pengamanan dari pihak Kepolisian dan TNI.

Kedua, kecepatan pelayanan kepada pengguna jasa sebagai konsekuensi dari digitalisasi pelayanan. Dan terakhir adalah disiplin operasi dengan mengsimplifikasi proses operasi sehingga operasional lebih efektif dan efisien.

"PT Angkasa Pura II akan senantiasa menjaga dan meningkatkan standar operasional, fasilitas, dan pelayanan bandara, serta menargetkan khusus untuk penyelenggaraan Angkutan Lebaran 2019 agar bisa lebih efisien dan nyaman dalam melayani pengguna jasa," jelas dia.

Selain itu, Awal juga telah melakukan penutupan posko Angkutan Lebaran 2018 di Bandara Husein Sastranegara dengan menggunakan video conference dengan seluruh EGM cabang-cabang bandara AP II.(chi/jpnn)


Berita Terkait: