7 Makanan Sehat Ini Bantu Anda Tertidur Pulas

Rabu, 09 Januari 2019 – 21:03 WIB

7 Makanan Sehat Ini Bantu Anda Tertidur Pulas

Pisang dan manfaatnya. Foto: Eatthis


jpnn.com - Seharian beraktivitas membuat tubuh lelah. Sayangnya, ada beberapa orang walau dalam keadaan lelah justru sulit untuk tidur. Namun jangan khawatir, kesulitan tidur di malam hari bisa dibantu dengan makanan. 

Menurut peneliti Universitas Edinburgh dan Cambridge, makan makanan yang mengandung magnesium tinggi dapat membantu tertidur lebih cepat dan nyenyak.

Magnesium mengatur ritme sirkadian, sehingga Anda mendapatkan tidur yang lebih nyenyak dan memuaskan. Seperti cokelat hitam adalah sumber magnesium yang baik.

Namun ternyata ada makanan selain cokelat yang bisa membantu Anda untuk lebih lelap. Berikut beberapa makanan yang bisa bantu istirahat Anda, dilansir dari Shadow Game, Selasa (8/1).

1. Pisang

Pisang dikenal sebagai sumber kalium dan magnesium. Senyawa ini tidak hanya mengisi ulang otot, tetapi juga mengandung magnesium yang juga berfungsi sebagai bantuan alami saat tidur.

2. Oatmeal

Semangkuk oatmeal yang hangat dapat menenangkan saat tidur. Biji-bijian utuh, seperti gandum, secara alami kaya akan asam amino triptofan, yang digunakan tubuh untuk membuat serotonin (hormon rasa enak) dan melatonin (hormon tidur). Anda akan merasakan suasana hati membaik, otak serta tubuh rileks. Camilan ini juga dapat membentuk dan mempertahankan siklus tidur yang stabil.

3. Sayuran hijau

Sayuran hijau memiliki dosis magnesium yang merangsang tidur yang sehat. Kandungan kalsiumnya dapat membantu meningkatkan melatonin dan menjaga ritme sirkadian tetap pada jalurnya.

4. Ikan Kaya Omega-3

Ikan cod, tuna, udang kaya akan triptofan. Terlebih lagi, ikan lain seperti salmon, makerel, dan ikan berlemak lainnya dapat menambahkan magnesium yang membantu tidur.

5. Nanas

Nanas merupakan buah yang segar dan lezat untuk dikonsumsi. Buah ini dapat meningkatkan kadar serum melatonin dalam darah dan meningkatkan kapasitas antioksidan melatonin.

6. Sereal

Sereal mungkin adalah makanan pagi, tetapi juga makanan ini bisa menjadi camilan sebelum tidur. Menurut National Sleep Foundation, kandungan karbohidrat di dalamnya membuat triptofan berfungsi untuk otak. Itulah sebabnya makanan mengandung karbohidrat cenderung membuat mengantuk. Aduk susu di atas sereal gandum utuh, kombinasikan dengan protein untuk tidur paling baik.

7. Kacang Kenari

Kacang kenari adalah sumber triptofan alami. Asam aminonya bisa membantu membuat serotonin dan melatonin dalam tubuh. Terlebih, kenari mengandung sumber melatonin yang dapat membantu tidur lebih cepat. (jpc/jpnn)


Berita Terkait: