5 Hal yang Perlu Kamu Ketahui tentang Kimchi

Selasa, 12 Februari 2019 – 16:27 WIB

5 Hal yang Perlu Kamu Ketahui tentang Kimchi

Kimchi. Foto: South China Morning/Susan Jung


jpnn.com - Bagi penggemar drama Korea atau boyband / girlband Korea, pasti mengenal kimchi, makanan wajib orang Korea.

Kimchi adalah makanan tradisional khas Korea yang biasanya digunakan untuk pelengkap pada saat makan. Kimchi terbuat dari sayuran yang difermentasikan, biasanya terbuat dari lobak, sawi putih, kubis, ketimun dan lain sebagainya.

Kimchi memiliki rasa asin, asam, pedas sehingga di Indonesia disamakan dengan acar. Selain nikmat disantap bersama makanan lainnya, kimchi juga memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan. Berikut ini penjelasannya, seperti dilansir laman Virginmediatelevision, Senin (11/2).

1. Kimchi bisa dikonsumsi bersama makanan apapun

Anda akan kesulitan untuk tidak menemukan kimchi di meja makan orang Korea. Kimchi adalah kombinasi sempurna dari rasa pedas, umami dan asin, yang artinya ini melengkapi begitu banyak hidangan. Kimchi tidak selalu harus digunakan dalam hidangan tradisional Asia. Kimchi semakin banyak digunakan dalam hidangan pizza dan pasta, menunjukkan betapa fleksibelnya makanan ini.

2. Meningkatkan kesehatan usus

Meningkatkan bakteri baik di perut Anda bisa membantu sistem kekebalan tubuh Anda dan meningkatkan pencernaan Anda, yang bisa memiliki efek besar pada berat badan dan kesehatan umum Anda.Kimchi, bersama dengan makanan seperti yoghurt dan sauerkraut, penuh dengan probiotik - bakteri baik yang tumbuh selama proses fermentasi.

3. Kimchi bukan hanya lauk

Tentu, kimchi paling banyak dikenal sebagai lauk, namun ternyata kimchi benar-benar bisa berfungsi dengan sangat baik sebagai menu utama.

4. Bahkan cairan dalam toples kimchi adalah gold

Jangan membuat kesalahan dengan membuang sisa jus kimchi ketika Anda sudah memakan semua kimchi dari botol. Cairan ini penuh dengan rasa asin yang bisa Anda gunakan di semua jenis masakan. Tambahkan ke saus pasta tomat untuk mendapatkan ekstra kedalaman rasa, tambahkan acar telur rebus di dalamnya atau gunakan sebagai dasar untuk rebusan atau hotpot. Air asin ini sama serbagunanya dengan kimchi itu sendiri, dan dikemas penuh rasa. Namun, berhati-hatilah, karena natriumnya cukup tinggi.

5. Ada variasi di dalamnya

Jika Anda bukan penggemar kubis, jangan berpikir itulah akhir dari petualangan kimchi Anda. Anda pada dasarnya bisa membuat apa saja menjadi kimchi - versi populer lain untuk kubis untuk sayuran seperti mentimun atau daun bawang.

Tidak hanya ini, tetapi juga bisa sangat disesuaikan dengan selera Anda - apakah Anda pecinta cabai atau tidak, apakah Anda vegetarian atau vegan - Anda bisa membuatnya sesuai keinginan Anda.(fny/jpnn)


Berita Terkait: