Andalkan Kuliner Khas Timur Tengah di Ramadan

Senin, 05 Juni 2017 – 07:36 WIB

 Andalkan Kuliner Khas Timur Tengah di Ramadan

LEZAT: Executive Chef Hotel Ciputra World Surabaya Toni Azhari menghias salah satu menu andalan untuk berbuka puasa. Foto Abdullah Munir/Radar Surabaya/JPNN.com


jpnn.com, SURABAYA - Ragam menu khas Timur Tengah masih menjadi salah satu andalah ketika bulan Ramadan tiba.

Memiliki cita rasa gurih yang tentunya cukup familiar di lidah masyarakat Indonesia membuat masakan timur tengah telah memiliki penggemar, seperti kebab, shawarma, atau nasi briyani.

“Selain ketiga menu tersebut masih ada nasi kebuli. Masakan berat ini tak kalah lezatnya, dan juga cocok untuk berbuka puasa,” ujar Executive Chef Hotel Ciputra World Surabaya (HCWS) Toni Azhari saat ditemui di The Gallery Restaurant belum lama ini.

Chef Toni mengungkapkan nasi kebuli yang memiliki cita rasa gurih dan berwarna sedikit kekuningan membuat menu tersebut cukup populer.

Apalagi rasa gurih yang didapat dari kaldu daging. Menu ini dipadukan dengan irisan daging kambing yang sebelumnya telah dipanggang dan diberi dengan bumbu rempah-rempah.

“Tak lupa di menu nasi kebuli ini juga disajikan dengan taburan kismis dan acar kuning. Tak lupa kami sertakan kerupuk untuk menyempurnakan momen berbuka,” tambah chef yang pernah bertugas di Dubai ini.

Selain mengandalkan nasi kebuli di Ramadan Festive HCWS, chef Toni juga memiliki pilihan menu lokal khas Nusantara.

Seperti tahu tek, martabak, pecel, sate, dan masih banyak lainnya.

“Meski kuliner Timur Tengah cukup familiar namun kami tetap menyajikan local dish agar tamu dapat mencicipi semua. Temanya campur. Menu lokal ada, internasionalpun ada,” katanya.

Chef kelahiran Medan ini. Selain itu, juga memiliki kreasi takjil unik sebagai refreshment awal, yakni kurma yang diisi berbagai topping.

“Kurma kita ambil bijinya, kemudian diisi dengan varian topping semisal coklat, dan dengan tidak mengurangi rasa dari buah itu sendiri,” jelasnya.

Kolak, bubur ayam, jajanan pasar, dan aneka gorengan juga turut disajikan untuk menambah ragam takjil.

Tak hanya itu, adanya stall ice cream menambah kesegaran setelah berpuasa. Pilihan rasanyapun beragam.

“Ada enam pilihan rasa seperti kopyor, kacang hitam, coklat, vanila, stroberi, dan sorbet,” tukasnya. (rul/rif)